Sabtu, 16 Mei 2020

Memanfaatkan Desinfektan Guna Meningkatkan Kebersihan Lingkungan Pada Masa Pandemi COVID-19

Shalom.

Menjaga kesehatan lingkungan menjadi salah satu cara memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Berbagai cara dilakukan seperti penggunaan antiseptik untuk membasuh tangan dan bagian tubuh, dan desinfektan yang diusapkn atau disemprotkan pada benda mati yang mungkin terpapar virus.

Namun, belakangan ini dimasyarakat muncul fenomena penyemprotan desinfektan secara masif di berbagai tempat, bahkan dilakukan langsung ke tubuh manusia. Hal itu sangat berbahaya karena desinfektan adalah bahan kimia yang dipakai untuk menghambat atau membunuh mikroorganisme pada permukaan benda mati.

Berikut panduan penggunaan desinfektan :
1. Gunakan alat pelindung diri, khususnya sarung tangan dan masker.
2. Bersihkan permukaan barang dengan menggunakan air bersih dan sabun.
3. Siapkan tisu, kain mikrofiber, kain pel, serta cairan desinfektan dengan kandungan hypochlorit 0,1-0,5% atau chloroxylenol 2,5-5%.
4. Rendam kain mikrofiber dan kain pel kedalam desinfektan. Usapkan pada permukaan barang dan diamkan selama 10 menit. Kemudian seka dengan kain kering dan bersih.
5. Untuk botol sprayer digunakan dengan cara semprotkan cairan desinfektan pada kain bersih dan lap secara zig-zag atau memutar dari arah dalam ke luar.
6. Setelah selesai, lepaskan APD. Cuci tangan dengan bersih menggunakan sabun dan air mengalir, atau antiseptik.

Sekian pemaparan mengenai cara penggunaan desinfektan yang tepat di lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memanfaatkan Desinfektan Guna Meningkatkan Kebersihan Lingkungan Pada Masa Pandemi COVID-19

Shalom. Menjaga kesehatan lingkungan menjadi salah satu cara memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Berbagai cara dilakukan se...